Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

50 Comments

  1. Permisi om, numpang tanya, LB sy betina dan jantan, baru seminggu​ ini sdh disatukan dlm satu kandang, sekarang mrk sdh Dekat, entah apakah sdh kawin atau blm, sy coba putar MP3 pancingan utk kawin, LB saya sprti gelisah dan cenderung agresif terutama yg betina sprti berkelahi, apakah penjodohannya gagal, atau masih butuh waktu lagi? Terimakasih

  2. Om mau tanya dong kan saya punya burung ciblek dirumah.ciri2 nya pas kaya jantan.tapi ko suara nya kaya betina ya.?bgini bunyi nya.citcitcit.. Pertanyaan nya apakan klo burung ciblek jantan juga punya sperti suara betina.?

    • pastikan ekor terlepas sempurna atau tidak ada tulang bulu yang tertinggal di pori kulit ekornya om, rawat saja seperti biasa (pemberian EF secara rutin dan variasi) dan burung tidak perlu dijemur cukup dianginkan saja. jika kondisi burung sehat akan tetap bunyi.

  3. Malem knpa pleci sy sering angakat kaki sebelah kaki normal tangkringan ga masalh.katanya karna kehilngan suhu tubuh obat nya apa agar suhu tubuh nya nirmal

    • jangkrik atau ulat dikasihkan/ditekan ke buah pisang atau pepaya. Dalam tiga hari kemudian besar kemungkinan tanpa diberi jangkrik pun, jalak suren akan mematuk dan makan buahnya.

  4. Om.. sya baru beli sikatan rimba dada coklat yang masih di loloh jangkrik tp sudah bertengger ditangkringan.
    Bagaimana cara merawatnya agar bs makan voer ??lalu bagaimana pula cara pemasterannya.
    Tx

  5. Om mau tanya burung saya kenapa tiba” paruh nya kaya engap gitu ya kaya ngambil nafas nya harus banyak dari paruhnya,itu kenapa ya om?

  6. salam sukses Om Kicau,saya berniat breeding branjangan tapi banyak pendapat yg mengatakan jenis kelamin burung tersebut sama ( jantan + jantan & betina + betina )..tapi saya berkeyakinan bahwa jantan betina,dan sudah saya campur selama 3 hari ( reaksinya,jika satu nurung di dekati burung satunya,maka burung tersebut akan mangap sambul njambul,tapi jambul tidak tegak & yg satunya tidak mengangkat jambul,posisi tidur masih berpisah ( belum berjejer )…mohon saran & bantuan untuk produk Om Kicau untuk problem yg saya alami..

  7. Om, aku pnya kacer, pertama nya lumayan gacor.. kok sering bgt bunyi.. Cer.. Cer.. Cer.. Trs sayap sering ngeleper ke bawah,..itu kenapa ya om, trs cara membedakan, kurang birahi, dan over birahi nya itu gimna om.. Maklum om, bru pertama pnya kacer.. Trimakasih.

  8. Siang om mau tanya.. pemberian multivitamin untuk burung diberikan dengan cara disuntikkan ke jangkrik, apakah ada bahayanya ? . Dan untuk dosis yang pas untuk murai batu kira kira ukurannya bagaimana ya om ? Terimakasih

  9. pagi omm…
    omm hendak nanya..
    lb saya sudah pasang om …tapi saya ragu kedua nya betina krna saya cek slngkangan nya lebar gt…
    tapi dari perilaku nya seperti jantan…
    mau meloloh,setiap kali kawin dy dominan di atas omm..dan tidak peenah buat sarang juga
    yg saya mau tnya apakah bnar jantan apa betina ya om?dan apakah tulang selangkngan itu jadi patokan dasar nya?mohon sangat pencerahan nya omm..terima kasih..

  10. Om.. Apakah kacer yg over birahi.. Ideal nya masih, di jemur.. Atau di angin2 kan saja om..? Kalau di jemur kira kira, berapa jam kah, atau berapa menit.. Terimakasih..

    • boleh dijemur tapi sebentar saja om atau cukup diangin – anginkan saja, perbanyak mandi, dan kurangi porsi eF serta jauhkan dengan burung sejenis.

  11. salam kenal Om.
    sebelum terima kasih tuk kolom pertanyaannya
    soal perawatan murai batu. idealnya umur berapa murai batu
    bisa dilatih dikandang umbaran?

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.