Selamat datang kawan.

Untuk yang baru saja bergabung, mari gunakan halaman Curhat/FAQ  (Frequently Asked Questions – pertanyaan yang sering disampaikan dan jawabannya) ini sebagai sarana untuk Anda yang pengin curhat soal burung, perawatan burung, penangkaran burung dan  berbagai hal tentang burung. Silakan tulis pertanyaan atau tanggapan.

Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan pengunjung OmKicau.com:

1. Bagaimana cara membuat burung menjadi gacor.

Jawaban:

Syarat utama burung gacor adalah sehat, baik fisik maupun mental. Sehat itu ada dua. Sehat mental dan sehat fisik. Burung yang mentalnya drop, pasti macet atau kalau bunyi sangat-sangat tidak memuaskan. Itu sama juga dengan burung yang tidak sehat secara fisik. Pasti bermasalah sebagai kicauan dan juga bermasalah di kandang penangkaran.

Agar burung Anda sehat mental, jauhkan dari hal-hal yang membuat dia tertekan. Misalnya perilaku kasar pemelihara, burung lain yang lebih superior, dan predator bagi burung di sekeliling rumah, misalnya kucing, anjing dan juga tikus. Agar burung Anda sehat fisik, hilangkan segala gangguan dan ancamannya. Untuk detail jawawan atas pertanyaan di atas, bisa dibaca pada tulisan di tautan ini (klik saja tautannya):

https://omkicau.com/rahasia-burung-jawara/

2. Bagaimana menangani BURUNG BAKALAN agar segera bunyi?

Jawaban:

Burung bunyi sebagaimana penjelasan pada pertanyaan nomer 1, adalah burung yang sehat. Untuk burung bakalan (baru saja didapat melalui penangkapan di hutan), maka burung tersebut adalah burung yang tidak sehat secara mental. Dia tertekan karena berada pada lingkungan baru. Agar burung menjadi terbiasa dengan lingkungan manusia, maka lakukan PROSES PENJINAKAN. Bagaimana cara menjinakkan bisa dibaca di tulisan pada tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2008/10/cara-membuat-burung-jadi-jinak/

3. Mengapa burung saya tiba-tiba macet bunyi?

Jawaban:

Pertanyaan ini sesungguhnya sama dengan pertanyaan nomer 1. Hanya saja biasanya ini adalah pertanyaan berkaitan dengan burung yang semula gacor, kemudian pindah tempat dan sebagainya. Untuk jawaban atas pertanyaan ini, Anda bisa membaca pada tautan ini:

https://omkicau.com/2009/10/faktor-faktor-penyebab-perubahan-performa-burung/

4. Mengapa burung saya yang gacor sering turun tangkringan dan tidak mau bunyi lagi?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/05/kalau-burung-berhenti-bunyi-dan-turun-tangkringan/

5. Bagaimana menangani burung yang sedang mabung?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

  1. https://omkicau.com/2009/02/a-q-molting-mabung-ngurak-nyulam-pada-burung/.

Selain itu, Anda perlu juga membaca tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/15/mengapa-metionin-dan-sistin-perlu-diberikan-selama-burung-molting/

6. Kapan burung saya bisa dan siap bunyi lagi atau dilombakan atau juga ditangkar?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/grafik-performa-burung-penangkaran-dan-lomba/

7. Bagaimana menangani kenari yang kegemukan?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/kenari-jatuh-treatmen-mentimun-dan-pakan/

8. Bagaimana menangani kacer mbagong atau nguda laut?

Jawaban:

Lihat tulisan di tautan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/02/lagi-lagi-kacer-mbagong/

9. Burung saya jantan atau betina?

Jawaban:

-Untuk burung secara umum lihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/01/lagi-soal-perbedaan-burung-jantan-dan-betina/

-Untuk lovebird, bisa dilihat tulisan ini (klik saja):

https://omkicau.com/2009/12/membedakan-jenis-kelamin-lovebird/

  • Berkaitan dengan masalah ini, perlu juga dibaca bagaimana cara meraba supit urang untuk menentukan jenis kelamin burung. Klik saja di sini:

https://omkicau.com/2010/01/di-mana-tempat-supit-urang-penanda-jenis-kelamin-burung-berada/

10. Bagaimana melatih burung makan voer dan  makan buah.

Jawaban: = Untuk melatih makan voer, jika burung pemakan buah, maka buah (pepaya atau pisang) dikupas dan dimasukkan ke wadah pakan. Penyet-penyetkan sedikit voer ke atas buah dan tabur secukupnya di atasnya. Burung akan makan buah dan sesekali terkena voer. Sekitar seminggu kemudian burung suidah hafal bau voer dan ketika kita coba tidak diberi buah, biasanya sudah mau makan voer-nya.

= Untuk melatih burung makan buah, lakukan hal yang sama di atas dan ketika nanti voernya diambil, burung sudah mau makan buah.

= Untuk pemakan serangga agar mau makan voer, maka campurkan voer dan kroto. Semakin lama jatah kroto dikurangi dan selama pelatihan jangan diberikan makanan tambahan lain (seperti jangkrik dsb), maka nantinya burung akan segera mau makan voer.

Anda bisa juga mencari artikel tertentu dengan melihat daftar seluruh artikel omkicau.com di sini:

https://omkicau.com/isi-omkicau-com/

Jika Anda mengalami masalah dalam merawat burung, sebaiknya Anda sudah membaca artikel-artikel di kategori referensi, dengan tautan di sini:

https://omkicau.com/category/burung/tips-dan-referensi/

CATATAN: HALAMAN CURHAT INI ADALAH VERSI BARU DARI HALAMAN CURHAT LAMA. HALAMAN LAMA SUDAH TIDAK DIGUNAKIAN KARENA SUDAH ADA RIBUAN KOMENTAR DAN PERTANYAAN DI SANA SEHINGGA TERLALU LAMA LOADINGNYA JIKA DIBUKA.

49 Comments

  1. Om ijin tanya, saya berencana buat kandang burung tinggi 9 meter lebar 2 meter tebal 2 meter (karena tersediaan lahan) apakah saya bisa gabungkan love bird dan Falk bahkan kakaktua dalam 1 kandang? Mohon maaf saya sedikit buta pengetahuan mengenai burung2an. Terima kasih banyak..😊🙏🏻

    • Tinggi kandang sebaiknya cukup 3-4 meter saja om, untuk jenis burung lovebird serta falk bisa dijadikan satu dengan catatan diberikan jumlah glodok serta pangkringan yang agak banyak supaya burung leluasa untuk nangkring, sedangkan burung kakatua sebaiknya tidak perlu dipelihara karena kakatua termasuk burung yang dilindungi.

  2. Slmat sore om, om saya mau tanya, brung kakaktua saya bulunya tdak tumbuh sempurna pdhal sdah usia 7 blan, dan akhir2 ini slalu nyekrungkuk, bulunya slalu mekar dan ngantukkan, kira itu knpa ya om?tips prawatannya sprti apa om?dan harus pake produk yg mna?tks sblmnya

  3. halo omkicau
    murai Saya umur sktr 2,5bln udh mulai rontok bulu 1-2 helai.
    Pertanyaanya :
    Apakah murai Saya sudah memasuki mabung
    pertama?
    Kata orang itu Bukan mabung pertama hanya mutasi Dari trotolan ke bulu2 dewasa Dan boleh Mandi jemur seperti Biasa. Apakah benar begitu?
    Tolong penjelasannya Saya sudah baca artikel disini tapi msh blm paham. terimaksih sebelumnya

    • perubahan bulu trotol ke dewasa disebut nyulam/sulam bulu. perawatan tambahkan porsi EF dari biasanya, untuk mandi dan jemur sementara di kurangi dulu hingga proses nyulam selesai.

  4. Om,, bisakah ternak kacer di kandang baterai (kandang kotak untuk lovebird). Jika bisa, bagaimana tata letak untuk sarang dll yang benar. Terima kasih

    • kecil kemungkinan untuk berhasil om, karena ternak kacer indukan juga butuh luas kandang yang ideal supaya indukan tetap lincah bergerak serta bersarang di tempat yang aman serta jauh dari gangguan predator.

  5. Numpang nanya om tentang memaster burung pada waktu malam hari, kan burung tidur om, nah waktu burung tidur ituu di masterin dengan mp3 apakah bisa merekam atau burung hanya tidur dan tidak mendengarkan masteran yang di putar lewat hp tersebut om.
    Terimakasih om, mohon pencerahanya

  6. Selamat malam om..
    MB saya proses mutasi dr trotol ke bulu dewasa, 4 bulu ekor hitam sudah lepas dan sudah mulai ngriwik sesekali ngeplong,yg saya tanyakan
    1. Jika bulu ekor sudah lepas apakah merupakan tahap akhir dr proses mutasi bulu?
    2. Bagaimana perawatan jika bulu ekor sudah mulai lepas?
    3. Berapa lama waktu sampai berganti bulu dewasa semua?
    4. Apakah pola ekor bisa menentukan jenis dan asal murai ?
    Makasih

    • 1. apabila bulu ekor lama sudah terlepas dan terlihat tunas ekor baru pertanda memasuki masa pertumbuhan bulu barunya om.
      2. Alasan SKL merawat murai batu mabung tanpa kroto
      3. kurang lebih umur 7 bulan.
      4. Pola ekor tidak bisa jadi acuan secara akurat atau sifatnya hanya ‘rata-rata’ misalnya pola ekor A rata-rata dari wilayah A, namun ada kemungkinan perubahan pola ekor karena genetika atau faktor lain sehingga tidak seperti pola A namun tetap berada dari wilayah A tersebut om.

  7. Apakah burung cililin termasuk burung yang dilindungi ? Kalau termasuk burung dilindungi, kita sudah pelihara burung cililin sudah setahun apa yg harus kita lakukan ?

  8. Om, minta info dong untuk penangkaran Murai Batu di Jawa Barat khususnya di Bogor , Cianjur atau bandung di mana ya om? Saya pengen pelihara MB tapi dari mulai trotolan. Terimakasih om.

  9. Om boleh request suara audio/video serindit juara kayak top speed/rgc/cebret dll yang jernih ga ada noise, buat masteran terimakasih sebelumnya

  10. Om, untuk LB sebagai pengganti milet putih polos, bisa gak dikasih milet merah polos?
    Kira2 bisa dikasih apa lagi ya Om selain milet putih polos sebagai makanan utama LB?

    • sebaiknya dilatih makan voer karena voer juga bisa memberikan asupan suplemen mineral, karbohidrat, vitamin, serta kalsium pada burung yang tidak didapatkan dari EF.

  11. Om saya mau tanya, kenapa cucak ijo milik saya jadi seret g mau bunyi, itu terjadi saat saya bawah pindah dari rumah sendiri ke rumah istri, apa karena faktor burung kicau lainnya, karena di rumah istri selain cucak ijo ada jalak uret dan crucukan. Mohon pencerahannya om??

  12. Om…, kenapa murai betina sy mengobrak-abrik tempat pakan ya ? Padahal pakan jangkrik sama krotonya full, posisi sekarang murai sudah bertelur 1 biji. mkasih om..

  13. Om mau tanya soal perawatan lovebird yang benar gimana, soalnya saya baca artikel artikel masing masing jawaban nya beda beda om, mohon bantuannya
    Terimakasih

    • setiap burung berbeda karakter om, jadi tidak ada pakem perawatan harus sama persis. om bisa sesuaikan dengan karakter burungnya dengan cara trial and error sambil dipantau perkembangannya selama mencari pola rawatan yang tepat.

  14. Om kicau saya punya Kacer yg memang saya beli dari sahabat kicau. Semula burung ini rajin kicau namun selama berada di tangan saya kenap burung ini hanya mengeluarkan suara cit..cit…cit…layak nya anak ayam,padahal pakan dan EF sudah di berikan sesuai porsi yg sahabat saya lakukan sebelum nya. Tolong bantuan dan pencerahan nya. Terimakasih salam kicau.

  15. Om saya pecinta burung pemula…saya mau tanya murai batu kepala putih sama murai batu kepala hitam lebih bagus mana ya untuk kontes? Sekian terima kasih

  16. Siang om.
    Saya baru beli murai batu trotol yg sudah mandiri,
    Saya ada beberapa pertanyaan :
    1. Bagaimana perawatan dan setting EF murai batu trotol agar setelah lepas trotol bisa fighter?
    2. MB sering turun sangkar dan jika didekati mengembangkan sayap,serta mematuk matuk sangkar, bagaimana cara menghilangkan kebiasaan tsb?

    Makasih

Sampaikan Pertanyaan / Komentar Anda.