Menangkar lovebird di kandang koloni

KETIK DI KOLOM BAWAH INI πŸ‘‡πŸΏ SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Salam kenal mas Duto, aku baru beli 4 ekor love bird, rencananya mau di tangkarin, kebetulan aku bikin ukuran kandang 1.5 x 1 m. aku siapin kotak sarang 2 buah, karena dari 4 ekor tadi cuman 1 jantan. saya senang karena 6 hari masuk kandang, eh ke dua kotak sarang udah diangkut ama LB kulit jagung dang rumput yg udah ku isapin. yang anehnya ada 1 betina yg tidur 1 sarang dg jantan, agresif sekali dg betina yg bikin sarang di kotak yang 1. sampe ada luka di kaca mata LB nya. apa nggak menggangu ???? tapi saya ambil inisiatif untuk misahin LB yang luka tadi untuk pindah ke sarang lain sendiri, tapi saya siapin kotak juga. yg mau saya tanyakan
1. apakah mengambungkan LB seperti yg saya lakukan wajar,
2. kenapa betina yg tidur 1 kotak dg jantan agresif dg betina yg bikin sarang di kotak yang satunya lagi?
3. apakah LB yg bawa sarang ke dalam kotak, sudah mau bertelur, ato hanya buat dia penghangat tidur aja?
4. dengan saya pindahkan yang LB luka tadi, apa dia masih mau bertelur(asumsi saya dia udah pernah kawin dg jantan yg se ekor.
5. apakah saya bisa mengati yg betina udah pernah menetaskan anaknya 1 kali dg betina lain buat pasangan baru LB jantanya.
terima kasih banyak atas waktunya mas, semoga dapat penjelasan dari mas duto.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

aryoudha

Jawab:

1. Menangkar LB secara koloni memang bisa tetapi kandangnya perlu lebih besar. Juga, sebaiknya jumlah jantan dan betina sama sehingga akan berpasang-pasangan.
2. Itu namanya cemburu (terganggu) Om. Di kotak manapun, si betina itu akan menguber betina lainh yang kurang dominan. Ada baiknya pejantannya ditambah dua ekor lagi.
3. Membawa sarang ke kotak itu sudah naluriah untuk LB yang memasuki usia kawin Om. Kadang juga belum tentu untuk bertelur.
4. Kalau dipisah, bisa jadi memang mau bertelur (karena LB betina dewasa tetap bertelur meski tidak ada pejantannya). Cuma saya tidak yakin kalau nanti telurnya isi. Sebab, pembuahan atas telur hanya akan jadi ketika telur sudah matang/siap. Meski katakanlah sebelumnya sudah kawin dengan LB jantan, tetapi karena mungkin kumpulan calon telur di indung telurn belum matang, maka untuk jadi perlu dibuahi lagi ketika sudah matang.
5. Bisa saja LB diganti2 pasangannya asal pasangan lamanya sudah tidak berada dalam satu kawasan yang bisa saling mendengar (saling memanggil). Kalau masih bisa saling memanggil, tidak akan mau jodoh dengan LN lain.
Demikian penjelasan saya semoga membantu.Β 

Maaf menyela, kalau burung Anda kondisi ngoss terus dan pengin jadi joss, gunakan TestoBirdBooster (TBB), produk spesial Om Kicau untuk menjadikan burung ngoss jadi joss...

Tips dan info lain:

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang β€œberisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Penting:Β Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.

30 Comments

  1. Harga / pasang anakan LB usia s/d 4 bulan, saat ini:

    Eyering/Kacamata

    Lutino mata merah : 1.5 jt s/d 1.8 jt bisa sampai 2 juta.
    Albino : 1.5 jt an
    Pastel Kuning : 700-850 rb
    Pastel hijau ( kepala emas ) : 500-600 rb
    Hitam = 600-700rb
    Standard Hijau,Biro,Coklat = 450-550 rb

    Salam,
    Jack LB Farm
    Kebumen-087837700163

  2. Maaf bolehkah saya nimbrung ?

    Sekedar curhat dan berbagi.

    Saya peternak LB juga, waktu saya masih menggunakan sistem koloni, dulu pernah ada masalah sanitasi sehingga salah satu pasang LB saya terkena penyakit mata…… ehhhhh karena penanganan yang kurang serius akhirnya dengan cepat menular ke beberapa pasang LB saya, dan akhirnya banyak yang mati, termasuk 3 ekor lutino mata merah yang salah satunya mempunyai trecetan yang panjaaaaaaaaaaaaang buanget, mungkin itulah kelemahan penangkaran dengan sistem koloni, disamping menurut pengalaman saya hasilnya kurang optimal jika dibandingkan dengan kandang battery.

    Setelah curhat dengan rekan-rekan di KM, termasuk mengikuti saran om Duto…….. untuk melakukan sanitasi total….. Alhamdulillah permasalahan penyakit tersebut sudah bisa teratasi.

    Sekarang peternakan saya cukup lumayan berkembang. Saat ini ada Β± 30 indukan, 15 indukan sudah produksi dan 10 indukan lainnya sedang menunggu masa kawin, dan 5 pasang sedang dalam penjodohan, hasilnya juga sudah bisa saya jual. Ada berbagai jenis warna yang saya tangkar yaitu warna standard spt hijau, biru,coklat,hitam, ada pastel kuning, pastel hijau, Lutino dan albino. Tapi semua jenis kacamata/eyering.
    Sistem koloni hanya saya lakukan untuk penjodohan, setelah pasangan berjodoh saya pindahkan ke kandang battery ukuran 40×60 untuk setiap pasangan. Menurut pengalaman saya hasilnya lebih optimal dari sistem koloni yang juga pernah saya terapkan, disamping itu dapat menekan/mencegah penularan penyakit.

    Tapi ini hanya dari pengalaman saya yang Β± sudah 2 tahun beternak LB.

    Demikian sekedar berbagi pengalaman.

    Salam,
    Jack-LB Farm
    Kebumen-087837700163

  3. Mlm om duto,aku br beli LB.Tp gk tau yg jantan/betinanya.Cm LBnya sering bngt ngawinin tangkringanya.Apa sdh bs pastikan bhw itu LB Jantan &siap kawin.Tp umurnya br sktr 6-7bln om.Apkah sdh bs dijodohkan.Rèncana mau tak tangkarin.Dirmh Udah pny betinanya dan pnh nelor.Makasih om sebelumnya atas jawabanya.

    • Rata2 sekarang untuk warna2 antik unik sekitar 1 sampai 1,5 juta per pasang.
      Yang jodoh ya mau berdekat2an, bercumbu dan kawin. Tetapi jangan ketipu pandangan mata ya Om, kadang LB meski sama2 betina atau sama2 jantan sering berperilaku seperti pasangan jantan-betina. Pastikan dulu jenis kelaminnya.

  4. ass.mas duto saya mau tanya klo mau pesan LB dikirim ke surabaya bisa gak y….aku ingin punya yang jenisnya lutino hrgnya berapa mas…bisa dikirim yaaaa…!disini susah carinya mas…moga aja hrg nya gak mahal2 amat……..please dijawab

  5. salam om duto bravo love bird

    mo mo tanya nich klo d solo ijo untuk

    – ijo standart

    – ijo pala item

    – biru pala item

    – ijo pastel

    – kuning pastel

    – lutino

    brapa yach di sana apa beda jauh ama pasar surabaya

    trus daerah mana yg masih harga nya agak tinggi

    soalnya temen q d bandung kapan ari tlp minta 30

    ekor kira2 d bandung brapa yach trim's ya om

    • Kisaran harga antara 1 – 1,5 juta per pasang. Wah maaf saya tidak bisa memberi rekomendasi Om. Saya kira di mana2 sama saja untuk LB. Coba tunggu saja siapa tahu ada penawaran. Atau coba tulisa saja “Cari LB” di Halaman Pasar Burung…

  6. salam kenal om duto..aku pendatang baru di web ini,n aku berasal dari pulau sumatra tepatnya di kota Pematang siantar tidak jauh dari kota Medan jaraknya kira2 140 km.saya pingin menangkar LB tuk tambahan pendapatan dari gaji, saya bru kali ini mencoba tuk buat penangkaran LB,LB saya ada 1 pasang dengan warna hijau kusam kepala merah tidak ada kaca mata (jatuh kali kaca matanya)LB saya beli dari pasr burung kira2 3 bulan yg lalu n dalam sangkarnya saya buat kotak tuk bertelurnya n diluar kotaknya saya letakin sabut kelapa,setelah saya amati setiap hari sabut kelapa tersebut gak berkurang n gak mau mkn jagung muda, mslh kawinnya saya gak pernah ngintip takut nti mata saya jd bintilan ..hehehehe…pertanyaan saya mas gmn ciri2 lb yg mau bertelur?n gimana cara supaya lb cepat birahi?tolong bantu petunjuknya yah mas duto..atas perhatian n bantuannya trimakasih.

    salam:

    Franz

  7. mo nanya lagi nih om?? boleh to??!!! sekarang pasaran anakan lovebird berapa ya?? (peternak jual berapa?? pedagang ambil berapa??).warna kuning brp? palamas brp, biru pala hitam dan ijo palahitam? dan warna 2 yang lain, mohon infonya??

    Jawab:
    Yuk ngobrolnya di omkicau.com ya Om..

  8. salam kenal semuanya!! ngomong2 tentang lovebird alhamdulillah saya coba 3 pasang kepala emas udah panen anakan pertama! tiap pasang punya anak 3 ekor, jd panen 9 ekor, alhamdulillah…!!
    mas gimana bikin lovebird biar bisa punya anak banyak?? ( 4 anakan ato mungkin ampe enam ekor per pasang gitu) bagi rahasianya tong?? he he…

    Jawab:
    Bisa sharing di omkicau.com Om? Nanti kita diskusikan di sana.

  9. saya punya LB 4ekor sudah jodoh dan sudah kawin tapi belum mau bertelur gimana caranya LB saya supaya bisa cepat bertelur

    Jawab:
    Om-om yang ganteng2, mohon bantu saya untuk membantu Anda. Silakan sampaikan pertanyaan mengenai persoalan burung di <a href="https://omkicau.com” target=”_blank”>omkicau.com ya. Salam.

  10. om… he..3x nanya lagi boleh ya om… ya… πŸ˜› πŸ˜› gini ni… om…. akukan punya LB 1pasang masih masa penjodohan kira2 sudah 13 hari… dan setelah itu saya masukin lagi 1 jantan, dan jantan yang baru saya masukin itu di keroyok sama jantan n betina yang seblumna sudah di situ… padahal jantan yang baru saya masukin itu juga mau dijodohkan ma betina lain…. tapi waktu itu jantanna ta ambil lagi soalna takut kalo perjodohanna gagal….

    yang jadi pertanyaan disini..
    1.apabila jantan yang saya ambil itu…. saya ambil dan saya jodohkan dengan betina lain,dan kalo sudah jodoh saya pindahkan dan saya campurkan lagi kekandang yang seblumna sudah ada sepasang LB apakah LBna ga galak lagi… atau sebaikna tidak saya campurkan?.
    2. apabila saya campurkan, apakah mengganggu LB yang sebelumnya atau tidak?.
    3. apakah LBna bisa menerima pendatang baru n apa kedua pasang itu bisa sama2 akur?

    maaf ya om kalo pertanyaanya agak membingungkan n ribet… hee…… terimakasih sebelumnya…
    πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜› πŸ˜† πŸ˜† :mrgreen:

    • Pertanyaan Om subchan:
      om… he..3x nanya lagi boleh ya om… ya… πŸ˜› πŸ˜› gini ni… om…. akukan punya LB 1pasang masih masa penjodohan kira2 sudah 13 hari… dan setelah itu saya masukin lagi 1 jantan, dan jantan yang baru saya masukin itu di keroyok sama jantan n betina yang seblumna sudah di situ… padahal jantan yang baru saya masukin itu juga mau dijodohkan ma betina lain…. tapi waktu itu jantanna ta ambil lagi soalna takut kalo perjodohanna gagal….

      yang jadi pertanyaan disini..
      1.apabila jantan yang saya ambil itu…. saya ambil dan saya jodohkan dengan betina lain,dan kalo sudah jodoh saya pindahkan dan saya campurkan lagi kekandang yang seblumna sudah ada sepasang LB apakah LBna ga galak lagi… atau sebaikna tidak saya campurkan?.
      2. apabila saya campurkan, apakah mengganggu LB yang sebelumnya atau tidak?.
      3. apakah LBna bisa menerima pendatang baru n apa kedua pasang itu bisa sama2 akur?

      maaf ya om kalo pertanyaanya agak membingungkan n ribet… hee…… terimakasih sebelumnya…
      πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜› πŸ˜† πŸ˜† :mrgreen:

      Jawab:
      Untuk penangkaran LB di kandang koloni memang banyak masalah. Biasanya, kalau model koloni maka memasukkan LB secara bersama-sama sejak awal. Kalau di tengah jalan, biasanya akan berkelahi karena memperebutkan teritori. Kalau sejak awal dicampur, mereka akan membangun sifat toleransi sejak awal.
      Saya sarankan kalau ternak LB model kandang satu2 saja. Lebih irit ruangan dan mudah pengontrolannya.

  11. saya mau ikutan dikit nih mas duto..saya punya sepasang LB yang sudah bertelur,tetapi sudah menginjak umur 2 minggu kenapa telurnya dimakan?

    thxs

  12. mas ap bs LB indukan di pisah n d gnti dengan betina atau pajntan lain,
    gmn caranya…..
    thanks!
    chip_mdura

    Jawab:
    Bisa, asal keduanya dipisah jauh (tidak bisa saling mendengar/bersahut2an). Selama masih bisa mendengar suara pasangan, nggak akan berjodoh dengan yang lain.

  13. Om Duto aq minat ternak LB nih cmn yg aq bingung LB pnyaku mo tak pegang utk cek co/ce takut dipatok.pd hal aq pnya LB 6 ekor mo tak jodoin gimana ya?carannya?

    Jawab:
    Hehehe… takut sama LB ya? Ya ketika pegang, pakai sarung tangan atau pakai kaos kaki/kain untuk membungkus tangan. Paling ya cekiiittt…. sedikit hehehe.

    ——–
    Omong-omong, tolong bantu saya denga masukan untuk perbaikan blog ini. Tolong dibaca yang ini ya.

  14. salam kenal om duto…

    om,biarpun udah baca tulisan2 om duto saya masi kesulitan menentukan jenis kelamin lb…
    ada g cara yg lebih jitu buat menentukan jenis kelamin lb?
    thx…

    Jawab:
    Paling gampang dipegang. Raba tulang supit urangnya (tulang penggapit kloaka). Kalau rapat/keras jantan. Kalau renggang/ seperti tulang rawan betina. Oke?

  15. link nya mana ???

    jangan lupa ya tulisan penangkaran kenarinya mas!!!

    mas, saran. kalo blog ini diramein dengan artikel ternak hewan-hewan lain gimana? semisalnya, kelinci hias,lobster, ato hewan hias yang lain yang bagi masarakat awam sangat susah untuk di ternak(kalo perlu hewan-hewan yang udah ampir punah)

    makasih mas

    sukses selalu

    Jawab

    Lho belum ya? Sampai lupa. Oke nanti saya carikan link-link ke website mengenai LB dan KN yang menurut saya bagus.

    Soal penangkaran kenari, insya Allah segera saya tulis.

    Sedangkan soal tulisan lain di luar topik burung, memang ada keinginan ke sana, tetapi saya masih kurang "bekal". Ya pelan-pelan-lah nanti saya isinya. Paling bagus kalau pengunjung di sini juga "menyumbang" tulisan mengenai hal-hal yang mereka kuasai yang berhubungan dengan ternak, tanaman dan hobi lainnya. Nanti saua bikin halaman tersendiri. Setuju?

    Salam,

    Duto Solo

  16. sekarang menangkarkan burung apa mas duto ???

    aku mau nanya tentang LB lagi ni mas, kira-kira yg saya jodohkan ini setau ilmunya mas duto akan jadi apa entar warna anakannya,(nggak sabar seh nunggunya)

    1. biru kepala hitam kacamata (betina) dengan hijau kepala hitam kacamata (jantan).

    2. Hitam kaca mata(tak jelas jantan betina yang mana) dengan kuning pucat hampir keputih-putihan mata merah tanpa kacamata

    3. hijau kepala hitam kacamata(betina) dengan kuning dada dan muka merah (jantan)

    yang jelas yg nomer 3 udah nelur 1 butir.

    yang nomer 1 dan 2 dah cumbu-cumbuan dan tidur berdua semua juga angkut sarang ke kotak.

    mohon petunjuknya mas duto.

    kira-kira menangkarkan kenari sulit nggak seh mas?? dari segi persiapan kandang dan persiapan lainnya seperti apa ya ??

    makasih mas

    salam.

    Jawab

    Waduh, ilmu permutasian tidak bisa hanya berdasar kira-kira. Ini memang sudah ada rumusnya, tetapi perumusannya belum selesai tampaknya. Coba Om kalau mau pengin tahu lebih dalam soal per-LB-an, termasuk bagaimana kemungkinan mutasinya, saya beri link yang bagus banget. Tetapi sebelum mempelajari soal perubahan genetika yang link-nya akan saya tunjukkan, Om perlu paham dulu soal spesies pada keluarga Parrot ini.

    Nah, silakan buka link ini ya. Kalau ada hal-hal yang perlu didiskusikan, bisa tinggalkan komentara di sini.

    Untuk kenari, nanti akan saya tuliskan selengkap mungkin. Tunggu saja.

    Salam,

    Duto Solo

  17. makasih,makasih,makasih mas infonya, aku asli Riau mas, kemaren aku pernah kuliah di jogja (1999 -2004 ). kalo nyasar ke riau, tlp aja(081268154567 aryoudha). kalo kamar di rumah aku nggak ada lagi,nanti aku siapin kandang LB ternak buat mas.(canda) xixixixiix.

    kalo saya menilai mas duto seorang penangkar segala jenis burung, dan memiliki semua jenis burung lomba dan juara. ternyata ilmu serapan dari temen-temen nya mas. tapi semua ilmu dan info mas duto saya acungin jempol buat saya yg pemula penangkar burung LB. ilmunya nggak nyasar. semoga tambah banyak temen dan tambah banyak pahala mas.

    kalo ada info terbaru dan penting buat saya peternak pemula LB ini, tolong di posting lagi ya mas, ato ke email aku aja.

    makasih deh mas

    salam.

    Jawab

    Oho Riau ya…

    Kalau Jogja, saya juga pernah di sana.. Anda masuk, saya keluar. Lalu melalang buana sampai di… dunia maya…..hehehe.

    Menangkar masih, lomba sudah jenuh. Soal ilmu, ya saya peroleh dari mana-mana dan saya sebar di mana saja-lah yang penting nggak sampai kependem kebawa mati…(ih…).

    Okey?

    Soal info baru, ya rajin-rajin saja berkunjung ke sini. Kadang saya tidak sempat menulis postingan baru, tetapi hanya menjawab pertanyaan-pertanyaan teman-teman yang sudi berkunjung ke blog ini. Tetapi, banyak kok jawaban yang saya sampaikan juga merupakan hal baru (minimal belum pernah saya upload di sini).

    Pantau terus saja ya. Tks.

    Salam,

    Duto Solo

  18. oo, bener juga tu mas.akhirnya aku jadi semangat mau nanya mulu nih ama mas duto,

    1.LB jenis apa yg biasanya laku dipasaran

    2. Setau mas duto pasaran anakan dan indukan LB di jawa berapa ya mas??

    3. kalo mas duto sekarang ini kerjanya apa sih ??? peternak burung, pengemar burung, pencinta burung, ato pengamat burung???? saya masalahnya salut dengan semua penjelasan dari mas duto, baik yg saya tanyakan maupun temen2 lain di posting.

    4. berdomisili di kota mana mas ??

    5. kalo kandang 1,5 x 1 M di masukin 2 pasang LB gak papa ya ?? masalanya saya dah dapet ilmu dari mas duto dari pertanyaan kemaren, makanya saya udah siapin lagi 1 kandang yg besar. kalo masalah memisahkan LB yg udah pernah jodoh jauh2 mah sampe sekarang masih nggak dapet ilham caranya gimana(terpaksa dijual) xixixiixi ; )

    salam.

    1. Jenis kacamata/ klep (eye ring). Yang di bagian luar mata ada lingkaran tebal. Untuk waktu-waktu yang akan datang, non-klep sepertinya juga akan laku karena akan ada lomba burung untuk penampilan (beauty bird) bukan kicauan. Jenis non-klep warnanya bisa lebih variatif ketimbang klep.

    2. Pasaran anakan LB di Jawa berkisar antara 100-200 rb. Untuk indukan, sepasang sekitar 750rb-1jt tergantung kondisinya.

    3. Saya kerja sebagai mass media consultant. Dalam soal burung, sekadar penghobi dan kadang makelar, hehehe. Beberapa kali menangkar, cuma dapat ilmunya doang. Untuk praktek dan hasilnya, yang dapat malah teman2 yang rajin bertanya ke saya. Saya sendiri, saya akui, kurang telaten dan sabar. Padahal, telaten dan sabar adalah kunci sukses merawat burung.

    Saya kenal dan banyak bergaul dengan para penangkar dan penghobi burung kawakan, dengan demikian, saya banyak "ilmu" dari mereka. Nah, karena di antara mereka tidak pernah bertemu dan berdiskusi, saya malah yang jadi "kolektor" ilmu mereka yang beragam. Ketika satu penangkar atau penghobi ada problem mengenai sesuatu hal pada burung mereka, saya tinggal "menyanyi" tentang ilmu yang saya dapat dari penangkar atau penghobi lain. Maka, jadilah saya "konsultan burung" jalanan, hehehe.

    Moga-moga saja apa yang saya sampaikan kepada mereka bisa bermanfaat. Saya cuma pengin banyak teman dan (moga-moga) pahala…. Jadi kalau saya kesasar ke kota manapun, ada tempat nunut tidur. Btw, kalau Om rumahnya mana?

    4. Saya di Solo.

    5. Sebenarnya perlihara LB yang lebih irit tempat dan juga mudah penanganan, kebersihan, aman, nggak saling serang, adalah di sangkar besi berbentuk kubus, ukuran 50x50x50 cm, untuk setiap pasang.

    Dengan demikian, kalau disusun bertumpuk, tempat dengan volume 1×1,5m bisa untuk 6 pasang LB.

    Kandang besi seperti itu harga pasaran di Solo sekitar 100-200ribu tergantung diameter besi rangkanya dan ram kawat yang digunakan.

    Okey?

    Salam,

    Duto Solo

  19. aduh banyak,banyak terima kasih mas duto, sangat-sangat membantu deh info nya. memang bener apa yang telah mas duto terangkan ke saya. kalo gitu saya nggak mesti cari warna putih deh buat LB tangkaran. kalo mas duto punya referensi lengkap tentang menangkarkan LB,bisa nih bagi2 ilmunya. terimakasih

    sukses selalu mas duto

    MENANGKARKAN BURUNG = MENYELAMATKAN KEPUNAHAN BURUNG DI ALAM ASALNYA.

    Jawab:

    Referensi (meski nggak lengkap) memang ada di benak saya berdasar pengalaman menangkar beberapa tahun lalu. Cuma mau mengeluarkannya, belum bisa konsentrasi sepenuhnya.

    Mulai saja menangkar. Kalau ada masalah, kita diskusikan. Akhirnya kan referensi bisa keluar semua, hehehe.

    Salam,

    Duto

  20. Wah, makasih banget mas duto. imformasinya sangat membantu saya. tapi saya mohon penjelasan lagi tentang jawaban mas duto no 5,

    1.areal saya kan agak sempit dalam menangkar LB, kalo jaraknya cuman 1 meter, apakah suara LB betina yg tadi kedengeran sama yg LB jantan tetep pengaruh juga ???. jadi saya mesti bikin areal baru yg jauh biar ngak saling denger antara LB jantan dan betina yg lama ??

    2.dan apakah kalo LB kacamata dikawinin dengan LB non kacamata anaknya bisa jadi kacamata(LB saya yang sedang kawin jantan ijo standar kepala itam kacamata dan betina kuning muka merah non kacamata)

    3.terakhir, kalo mas duto ada jual LB albino mata merah nggak ?? kalo ada berapa harga sepasang yang dewasa dan anakan. bisa dikirim ke RIAU ya ???

    terimakasih mas

    salam

    Jawab:

    1. Wah ya itu namanya masih dalam satu kawasan, apalagi cuma berjarak dekat. Pokoknya sampai suara nggak bisa terdengar lagi, itu baru namanya dipisah Om, hehehehe. Mangga…

    2. Ada anak yang kacamata ada yang tidak, tergantung dari mana gen yang kuat di antara indukan2nya Om.

    3. LB albino? Apakah maksudnya LB yang putih semua warna bulunya? Kalau hanya warna putih, itu bisa jadi bukan albino tetapi memang ada LB yang semua putih.

    Kalau benar yang Om cari albino, untuk apa? LB albino adalah LB yang "sakit" secara genetis dan umumnya mandul. Kalaupun bisa beranak, belum tentu anakannya albino kalau gen pembawa warna albinonya kalah.

    Kalau untuk LB warna putih, nanti saya beri contoh gambar2 LB. Tunggu ya.

    Salam,

    Duto

Komentar ditutup.