Menangkar lovebird di kandang koloni

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK... CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Salam kenal mas Duto, aku baru beli 4 ekor love bird, rencananya mau di tangkarin, kebetulan aku bikin ukuran kandang 1.5 x 1 m. aku siapin kotak sarang 2 buah, karena dari 4 ekor tadi cuman 1 jantan. saya senang karena 6 hari masuk kandang,

eh ke dua kotak sarang udah diangkut ama LB kulit jagung dang rumput yg udah ku isapin. yang anehnya ada 1 betina yg tidur 1 sarang dg jantan, agresif sekali dg betina yg bikin sarang di kotak yang 1. sampe ada luka di kaca mata LB nya. apa nggak menggangu ???? tapi saya ambil inisiatif untuk misahin LB yang luka tadi untuk pindah ke sarang lain sendiri, tapi saya siapin kotak juga. yg mau saya tanyakan
1. apakah mengambungkan LB seperti yg saya lakukan wajar,
2. kenapa betina yg tidur 1 kotak dg jantan agresif dg betina yg bikin sarang di kotak yang satunya lagi?
3. apakah LB yg bawa sarang ke dalam kotak, sudah mau bertelur, ato hanya buat dia penghangat tidur aja?
4. dengan saya pindahkan yang LB luka tadi, apa dia masih mau bertelur(asumsi saya dia udah pernah kawin dg jantan yg se ekor.
5. apakah saya bisa mengati yg betina udah pernah menetaskan anaknya 1 kali dg betina lain buat pasangan baru LB jantanya.
terima kasih banyak atas waktunya mas, semoga dapat penjelasan dari mas duto.

aryoudha

Jawab:

1. Menangkar LB secara koloni memang bisa tetapi kandangnya perlu lebih besar. Juga, sebaiknya jumlah jantan dan betina sama sehingga akan berpasang-pasangan.
2. Itu namanya cemburu (terganggu) Om. Di kotak manapun, si betina itu akan menguber betina lainh yang kurang dominan. Ada baiknya pejantannya ditambah dua ekor lagi.
3. Membawa sarang ke kotak itu sudah naluriah untuk LB yang memasuki usia kawin Om. Kadang juga belum tentu untuk bertelur.
4. Kalau dipisah, bisa jadi memang mau bertelur (karena LB betina dewasa tetap bertelur meski tidak ada pejantannya). Cuma saya tidak yakin kalau nanti telurnya isi. Sebab, pembuahan atas telur hanya akan jadi ketika telur sudah matang/siap. Meski katakanlah sebelumnya sudah kawin dengan LB jantan, tetapi karena mungkin kumpulan calon telur di indung telurn belum matang, maka untuk jadi perlu dibuahi lagi ketika sudah matang.
5. Bisa saja LB diganti2 pasangannya asal pasangan lamanya sudah tidak berada dalam satu kawasan yang bisa saling mendengar (saling memanggil). Kalau masih bisa saling memanggil, tidak akan mau jodoh dengan LN lain.
Demikian penjelasan saya semoga membantu. 

Tips dan info lain:

1. Jika burung jantan untuk penangkaran tidak juga gacor merayu betina meski secara umum terlihat sehat atau burung betina tidak juga matang kelamin meski sudah berusia di atas 7 bulan; atau telor-telor burung tidak isi dan karenanya tidak bisa menetas, kita perlu memastikan bahwa si jantan bisa memproduksi sperma yang “berisi” dan kesehatan reproduksi betina benar-benar maksimal. Kalau kita ragu bagaimana caranya, pastikan saja kita menggunakan Bird Mature (klik saja).

Selama kondisi alat-alat reproduksi dalam keadaan normal, Bird Mature sudah terbukti meningkatkan kesempurnaan proses reproduksi burung-burung penangkaran. Tidak hanya kenari, tetapi semua jenis burung.

2. Jika burung-burung anakan dari penangkaran kita gampang mati, atau kakinya sering pengkor, lembek, karena daya tahan tubuh secara umum lemah, kita perlu memastikan bahwa indukannya mengonsumsi Bird Mineral (klik saja).

Bird Mineral tidak hanya bagus untuk anakan tetapi juga indukan karena Bird Mineral menjadikan bulu kuat, mulus, berkilau sehabis molting atau ngurak alias mabung; burung tidak terkena rachitis (tulang-tulang lembek, bengkok dan abnormal); bebas paralysa (lumpuh); bebas perosis (tumit bengkak); menjadikan anak burung menetas sehat; burung tidak mengalami urat keting (tendo); burung tidak terlepas sendinya, tidak tercerai (luxatio); paruh tidak meleset, tidak kekurangan darah sehingga pucat dan lemah; burung di penangkaran bisa segera bertelur, telur berisi, produktivitas tinggi, daya tetas tinggi; kematian embrio rendah.

3. Jika Anda masih bingung juga bagaimana cara menangkar burung yang baik, bergabung saja dengan Om Kicau Hotline yang memberi layanan premium konsultasi perawatan dan penangkaran burung. Bagaimana?

Salam sehat burung Indonesia…. Om Kicau.

LIST TULISAN PENANGKARAN:

About these ads

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain. Agar tidak tertipu, pastikan Anda membaca artikel ini (klik saja).

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 159.333 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: