Penangkaran Anis Merah: Penelitian Kutilang Indonesia (1)

KETIK DI KOLOM BAWAH INI 👇🏿 SOLUSI MASALAH BURUNG YANG PINGIN ANDA CARI…

Beberapa waktu yang lalu, Om Ige Kristianto dari Yayasan Kutilang mau berangkat ke Bali untuk melakukan pemaparan hasil penelitiannya tentang Anis Merah di Pulau Bali. Saat itu beliau memang menjanjikan mau mengirimkan hasil penelitiannya itu.

Cara gampang mencari artikel omkicau.com, klik di sini.

Ketika mengirim artikel ini via email, Om Ige berkata begini:

Slamat siang Om….
Berikut adalah artikel yang semoga dapat dimuat di www.omkicau.com.
Mungkin memang terlalu panjang karena artikel ini juga sudah kami terbitkan dala bentuk booklet dan kami sebarkan ke para petani anis merah di Bali…

Harapan saya, artikel ini dapat memberikan gambaran tentang praktek pemanenan anis merah di Bali dan memancing minat untuk replikasi di tempat lain dengan jenis burung yang berbeda. sehingga selain kelestarian burung, lingkungan tempat kita hidup juga dapat terjaga. Hal ini juga saya yakin akan menjamin hobi memelihara burung dapat lestari….
Demikian, dan trimakasih atas bantuannya Om…

Salam Hormat,
Ige Kristianto
KUTILANG INDONESIA

——————-

Nah berikut ini saya sajikan secara bersambung artikel kiriman Om Ige  dengan saya beri judul “Penangkaran Anis Merah: Penelitian Kutilang Indonesia”.

Semoga bermanfaat untuk pembaca www.omkicau.com.

—————-

Anis Merah

Dokumentasi pengetahuan masyarakat petani kopi di Bali dalam upaya penangkaran Anis Merah di Alam

BAB I

Mengenal Anis Merah

Anis Merah tidak hanya dapat ditemukan di Indonesia, tetapi juga di banyak negara lain, seperti Bangladesh, Bhutan, Cambodia, China, India, Laos, Malaysia, Myanmar, Nepal, Pakistan, SriLanka, Thailand, dan Vietnam. Jumlah Anis Merah di seluruh tempat hidupnya diperkirakan tidak mengalami penurunan lebih dari 30% dalam 10 tahun terakhir, sehingga salah satu lembaga pelestari burung internasional (Birdlife international) masih merekomendasikan burung ini dicatat dengan status belum terancam punah (Least Concern) pada daftar burung-burung terancam punah di seluruh dunia (IUCN Red List) tahun 2008.

Meski demikian, jumlah Anis Merah di Jawa diperkirakan telah menurun dengan sangat tajam akibat maraknya penjaringan burung untuk dijual sebagai burung peliharaan (http://www.reference.com/browse/all/Orange-headed). Sementara itu di seluruh daratan asia tenggara jumlahnya dikhawatirkan akan terus menurun akibat semakin sedikitnya daerah berpohon.

Secara internasional, Anis Merah pertama kali dideskripsikan atau diberi nama ilmiah oleh John Latham pada tahun 1790 dengan nama Turdus citrinus. Perbedaan kenampakan Anis Merah yang terdapat di berbagai tempat membuat para ahli burung membedakan jenis ini menjadi beberapa ras, namun Rasmussen dan Anderton (2005) menyatakan bahwa terdapat kemungkinan adanya beberapa jenis dalam 12 ras (Box 1. Ras-ras Anis Merah di seluruh dunia) yang ada saat ini.

Peta penyebaran anis merah. (Kiriman Yayasan Kutilang)

Di Indonesia, Anis Merah terdapat di Sumatra, Kalimantan, Jawa, dan Bali. Di sumatra diperkirakan merupakan pendatang (migran) dari daratan asia dan kemungkinan terdapat dua ras yaitu ras Zoothera citrina innotata dan ras Zoothera citrina gibsonhilli . Di Kalimantan bagian utara merupakan burung penetap di daerah pegunungan, antara 1000 – 1500 meter diatas permukaan laut dan hanya diketahui dari sedikit catatan di G.Kinabalu dan Trus Madi yang merupakan ras Zoothera citrina aurata. Di Jawa dan bali dapat ditemukan sampai ketinggian 1500 meter diatas permukaan laut. Ras yang terdapat di Jawa bagian barat adalah Zoothera citrina rubecula dan yang ada di jawa bagian timur dan Bali adalah Zoothera citrina orientis. Kedua ras ini hanya dibedakan dari panjang sayapnya. Penamaan ras Zoothera citrina rubecula dilakukan oleh Gould pada tahun 1836, sementara itu nama ras Zoothera citrina orientis diberikan oleh Bartels, Jr. pada tahun 1938. Beberapa ahli burung meragukan perbedaan ras Anis Merah yang terdapat di jawa bagian barat dengan jawa bagian timur dan bali ini.

Anis Merah mencari makan di atas tanah dengan tanaman bawah pohon yang rapat. Sangat aktif mencari makan di bawah bayang-bayang sinar matahari dengan membongkar-bongkar seresah dedaunan untuk mencari serangga, laba-laba, cacing dan buah-buahan yang telah jatuh di tanah. Di Malaysia, Anis Merah sering teramati memakan buah beringin.

Sarang Anis Merah berbentuk seperti mangkuk yang dangkal dan tersusun dari akar pohon, daun, dan seresah. Kedua induk aktif membangun sarang yang seringkali dibangun pada ketinggian lebih dari 4,5 meter dan diletakkan pada pohon kecil atau semak. Telur sebanyak dua sampai empat, seringkali tiga, dierami selama 13-14 hari sampai menetas. Setelah menetas, anak dirawat sekitar 12 hari sampai dapat keluar dari sarang. (http://www.reference.com/browse/all/Orange-headed). Terry Gonsolvis (seorang penangkar di Bristol, Inggris) telah berhasil menangkarkan Anis Merah dari ras Zoothera citrina cyanotus. Arkun (seorang penangkar di Depok, Bogor) telah berhasil menangkarkan Anis Merah dengan menitipkan telurnya pada burung Anis Kembang (http://www.kicaumania.org).

Anis Merah di Bali

Saat ini Anis Merah merupakan salah satu jenis burung yang paling banyak di pelihara oleh masyarakat di Indonesia. Menurut hasil penelitian tim peneliti dari BURUNG INDONESIA, Anis Merah menempati urutan ketiga dari jenis-jenis burung yang paling banyak dipelihara oleh masyarakat di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surabaya, dan Denpasar (tabel.1). Penelitian ini dilakukan pada tahun 2006 melalui wawancara terhadap 1781 keluarga.

Tabel 1. Urutan jenis burung yang paling banyak dipelihara di 6 kota besar di Jawa dan Bali

Cara mudah punya ribuan file MP3 suara burung, klik di sini.

Popularitas Anis Merah sebagai burung peliharaan tidak lepas dari maraknya lomba burung berkicau yang saat ini diselenggarakan minimal setiap satu bulan sekali dan latihan bersama (latber) yang diselenggarakan minimal setiap satu minggu sekali di setiap kota. Selain volume, variasi, dan irama suara, perilaku “teler” merupakan salah satu faktor utama yang dinilai dalam lomba burung.

Persebaran dan tempat hidup

Secara administratif, berdasarkan informasi dari berbagai sumber, survey cepat dan wawancara tidak terstruktur yang dilakukan selama 10 hari berkeliling Bali, Anis Merah dapat ditemukan di empat kabupaten yaitu Jembrana, Buleleng, Tabanan, dan Karangasem.

Anis Merah sering terlihat di kebun-kebun kopi dan hutan (alas gedhe) yang berada di dekat aliran sungai, termasuk sungai-sungai kecil dan di lembah-lembah yang jarang terkena sinar matahari langsung. Meski demikian tidak di semua kebun kopi dan tidak di semua hutan terdapat sarang Anis Merah.

Dapatkan aplikasi Omkicau.com Gratis... Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk Android di Google Play Dapatkan Aplikasi Omkicau untuk iPhone di App Store

Di beberapa daerah seperti Labuanaji, Telage, Kekeran, dan Pelapuan yang juga terdapat sedikit perkebunan kopi dan di areal berhutan disebelah barat daya Penataranbujak tidak ditemukan sarang Anis Merah. Satu kesamaan yang dimiliki daerah-daerah ini adalah terletak pada ketinggian kurang dari 400 meter diatas permukaan laut.

Keterangan:

Community snakefruit plantation areas
Community coffeei plantation areas
Community coffeei plantation and forest areas
Areas with no harvesting practice

BERSAMBUNG.. ke Penangkaran Anis Merah: Penelitian Kutilang Indonesia (2.

LIST TULISAN PENANGKARAN:

Penting: Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Cara gampang mencari artikel di omkicau.com, klik di sini.