Kacer Kelana, antimbagong dan juara 147 kali: Ikuti tips perawatan harian dan lomba

Pastikan burung ngerol, ngekek, gacor klik di sini. Supaya beranak pinak? Klik di sini

Sejak di tangan H Hendra Samarinda pada Maret 2013 hingga Januari 2015, kacer Kelana menjuarai lomba sebanyak 147 kali, dan dinobatkan sebagai kacer terbaik dalam 32 even. Kalangan kacermania di Kalimantan Timur menjulukinya sebagai kacer poci antimbagong alias antimbedesi, serta sanggup tampil stabil dan bertahan di jalur juara.

H Hendra dan kacer Kelana
H Hendra bersama kacer Kelana

Julukan sebagai kacer antimbedesi ini memang tidak berlebihan. Pasalnya selama berlomba dalam berbagai even di Kalimantan Timur, baik di Samarinda, Balikpapan, Tenggarong, Bontang, Sanga-sanga, Sangatta, dan sebagainya, kacer Kelana memang belum pernah mbagong.

Padahal, menurut sejumlah pakar kacer, burung ini identik dengan mbagong. Di alam liar, kacer pun kerap mbagong. Bahkan banyak kacer jawara yang mbagong ketika disimpan di rumah, meski hanya sesekali mbagong di lapangan.

( baca juga Lagi-lagi kacer mbagong )

Eh menyela sebentar... ayuk pasang aplikasi Android omkicau.com gratis

SCAN ATAU KLIK UNTUK MENUJU PLAY STORE

APLIKASI ANDROID OMKICAU.COM - GRATIS

Kacer asli Kalimantan sebenarnya dada hitam. Adapun kacer poci (dada putih) biasanya didatangkan para pemain dari Jawa dan Madura. Kini kelas kacer poci menjadi salah satu kelas bergengsi di Bumi Borneo, tak kalah dari murai borneo dan cucak hijau.

Om Hendra pun mendapatkan kacer Kelana dari sahabatnya, dr Bambang, yang tinggal di Kabupaten Sumenep, Madura. Kebetulan Om Bambang juga berasal dari Madura, namun sekarang berdomisili di Samarinda.

“Ketika masih di tangan dokter Bambang, kacer Kelana juga sudah beberapa kali meraih prestasi baik di Madura maupun kota-kota lainnya di Jawa Timur,” jelas Om Hendra yang tergabung dalam Pelangi BC Samarinda.

Melihat jejak rekam prestasinya ini, Om Hendra melakukan take-over terhadap kacer Kelana. Konon harganya sangat fantastik, meski yang bersangkutan enggan membeberkannya. Setelah ditransfer, burung kemudian diterbangkan dari Sumenep ke Samarinda via Balikpapan.

Kacer Kelana milik H Hendra Samarinda
Kacer Kelana sudah 32 kali menjadi burung terbaik dalam even di Kaltim.

Keunikan Kelana antara lain jika di rumah seperti burung  biasa: nggak bongkar lagu. “Kalau bunyi sih bunyi, tetapi lagu yang dikeluarkannya ya lagu asli suara kacer,” tambah Om Hendra.

Tetapi kalau sudah berada di lapangan, bertemu lawan-lawan di sekelilingnya, kacer Kelana seperti burung kesetanan. Dia akan membongkar semua lagunya, mulai dari burung gereja tarung, cililin, walet, cucak jenggot, kapas tembak, hingga tengkek buto. Semua lagu dibawakannya ngeroll dengan speed rapat, tanpa jeda.

Dalam satu even, Kelana mampu turun sebanyak 5 – 6 sesi dan kerap dilombakan setiap pekan tanpa jeda. Burung ini hanya diistirahatkan dari lomba kalau sedang turun bulu saja.

Bagaimana dengan perawatan kacer Kelana? Klik saja tautan di bawah ini:

Tips perawatan harian kacer Kelana milik H Hendra

Rencananya, kacer Kelana akan diturunkan dalam even nasional Wali Kota Cup 2 di Lapangan Polder Air Hitam Samarinda, Minggu 1 Februari 2015. Sobat kicaumania di Kaltim yang penasaran melihat aksi Kelana, silakan datang ke Polder Air Hitam. (v1rgoboy)

Penting:

  1. Burung Anda kurang joss dan mudah gembos? Baca dulu yang ini.
  2. Tanya Om Kicau? Klik saja Curhat.
  3. Cek artikel menarik lainnya di bawah ini:



ANDA PERLU DESIGN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA? KLIK GAMBAR DI BAWAH INI YA…

JASA DESAIN BROSUR DAN PIAGAM LOMBA BURUNG

BURUNG SEHAT BERANAK PINAK… CARANYA? PASTIKAN BIRD MINERAL DAN BIRD MATURE JADI PENDAMPING MEREKA.

Banyak penipu catut nama omkicau.com. Ingat saja sobat, Om Kicau tidak pernah berjualan burung secara online, melalui BB ataupun website lain.

PERACIKAN OBAT/SUPLEMEN BURUNG OM KICAU DI BAWAH PENGAWASAN DAN KONSULTASI DENGAN DRH HM HAYAT TAUFIK JUNAIDI.

2 Comments

Komentar ditutup.